0
Dikirim pada 26 Februari 2019 di Uncategories

Syamsuar Gubernur Riau menyatakan dukungan untuk tawaran terpilihnya kembali Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada pelantikannya kemarin di istana negara.


 


Dalam pemilihan daerah 2018, Syamsuar, seorang anggota dari Partai amanat Nasional (PAN), didukung oleh PAN dan makmur keadilan Partai (PKS), dua anggota koalisi yang telah mendukung Jokowi's challenger Prabowo Subianto pada pemilihan Presiden 2019.


 


Syamsuar mengatakan setelah pelantikan pada hari Rabu bahwa ia memutuskan untuk melemparkan dukungannya Jokowi karena prestasinya dalam infrastruktur Reformasi Pembangunan dan Agraris selama empat tahun terakhir. Dia menyatakan harapan bahwa Jokowi akan melanjutkan program di masa depan, harus ia dipilih kembali.


 


"Saya berharap dia [Jokowi] [dapat Presiden] selama dua istilah," Syamsuar kepada wartawan.


 


Menanggapi keputusan Syamsuar's, PKS memperingatkan Gubernur untuk tidak menggunakan kuasa-Nya untuk mempengaruhi orang di provinsi untuk memilih Jokowi. "Anda, sebagai Gubernur, tidak mempunyai wewenang untuk meminta orang-orang untuk mengikuti pilihan politik," kata PKS eksekutif Hidayat Nur Wahid pada hari Kamis.


 


Sementara, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan ia berharap bahwa Syamsuar tidak akan bergabung dengan tim kampanye Jokowi's.


 


"Dia bukanlah seorang eksekutif dalam partai. Merupakan haknya untuk mendukung [Jokowi] tetapi kami meminta bahwa ia tidak bergabung dengan tim kampanye, sehingga ia dapat fokus pada tugasnya Gubernur,"kata Eddy.


 


Syamsuar's dukungan telah ditambahkan ke daftar panjang para pemimpin daerah yang telah menyatakan dukungan untuk incumbent. Baru-baru ini, tim kampanye calon pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mengklaim total 30 Gubernur dan 359 beserta Walikota dan Bupati di seluruh negeri telah menyatakan dukungan untuk pasangan.


 


Di antara para pemimpin daerah adalah 10 beserta Walikota dan Bupati dari Sumatera Barat serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sumatera Barat dan Jawa Barat adalah provinsi kedua konservatif yang dikenal sebagai benteng kamp Prabowo. Dukungan untuk Jokowi juga datang dari gubernur Papua Lukas Enembe, Politikus Partai Demokrat. Partai adalah di kamp oposisi yang mendukung Prabowo.


 


Sejauh ini, hanya empat Gubernur telah menyatakan dukungan untuk pasangan calon Prabowo-Sandiaga Uno, yaitu Gubernur Jakarta Anies Baswedan, Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, Isran Noor Kalimantan Timur dan Sulawesi Tengah oleh Gubernur Longki Djanggola.


 


Sejumlah Bupati juga telah membuat deklarasi umum dukungan bagi incumbent, meskipun posisi mereka sebagai pelayan publik. Pekan lalu, tim kampanye Prabowo's dilaporkan 15 kepala distrik di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk bab lokal dari Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) untuk diduga berkampanye untuk Jokowi dalam video.


 


"Dalam rekaman, yang berlangsung selama dan 27 detik, ada bagian yang jelas menggambarkan [mereka] dukungan untuk pasangan tertentu," tim hukum kepala Edy Arsyam mengatakan seperti yang dikutip oleh Antara.


 


Menurut undang-undang pemilu 2017, pegawai negeri sipil, termasuk polisi dan petugas Indonesia (TNI), tidak diperbolehkan untuk terlibat dalam kegiatan politik, termasuk menjalankan untuk pemilihan atau kampanye.


 


Sementara itu, Gubernur, Walikota dan Bupati, Pasal 281 hukum negara mereka dapat mengambil bagian dalam kampanye pemilu hanya jika mereka mengambil cuti dan tidak menggunakan fasilitas negara.


 


KPU Komisaris Hasyim Asyari telah memperingatkan para pemimpin daerah untuk berhati-hati dan menghindari membuat gerakan politik apapun ketika mereka tidak sedang berkampanye. 


 


"Sebagai contoh, jika mereka mengangkat tangan mereka dan membuat gerakan dengan satu jari atau dua jari, yang mungkin berhubungan dengan jumlah suara pasangan calon baik, ketika mereka tidak cuti, mereka dapat dikenakan untuk pelanggaran pemilu," kata Hasyim.



Dikirim pada 26 Februari 2019 di Uncategories
comments powered by Disqus
Profile

suka politik dan seni More About me

Page
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 4.566 kali


connect with ABATASA